Wednesday 15 July 2015

[ 9 Juni ] Ujian SBMPTN #1


Hehe. Hai guys. 
Nah jadi ceritanya gini nih, iya gini, iya jadi ceritanya gini nih.
Ceritanya gini, gue kan sehabis Ujian Nasional yang cukup membuat hidung gue jadi meler - meler waktu hari ujian jadi gue langsung siap - siap buat masuk kelas super intensif buat persiapan ujian SBMPTN nih.

Nah, jadi kali ini gue pengen ceritain aja gimana pas hari ujian itu berlangsung. Langsung aja.

Tanggal 9 Juni 2015 hari itu hari apa ya ? Oh selasa ya hari selasa adalah hari yang gue tunggu - tungguin semenjak masuk kelas super intensif. SBMPTN menjadi gerbang bagi gue kalau memang gue mau jadi seorang mahasiswa tahun ini, tahun 2015. Jadi waktu itu jadwal ujian gue jam 10.00, tapi jam 09.45 udah masuk ruangan dulu buat persiapan. Jadi gue berangkat dari rumah kira - kira jam 08.30 soalnya gue gak mau terlambat dan rumah gue dengan lokasi ujian itu juga jauh, gue ujian di salah satu STIKES di kota Padang. Tepat jam 08.30 gue kencangin gas motor gue supaya bisa sampai ke lokasi ujian, yah gue berangkat.

Setibanya gue sampai di lokasi ujian, niatnya gue gak pengen buat ketemu sama teman - teman SMA gue. Enggak mau banget. Lah kenapa tuh?? Lo kok mau ujian aja sombong? bukan begitu jangan suuzan dulu deh. Gue ngehindarin teman gue itu karena takutnya nanti teman gue ini karena ketakutan buat ujian dia malah nularin ketakutan dan kecemasannya dia ini ke gue. So, gue enggak mau cemas dulu dong sebelum ujian. Gue gak mau patah taring dulu dong sebelum ujian. Nah itu alasan gue. Kebetulan lokasi ujian gue itu enggak gede - gede banget, jadilah gue ketemu sama teman gue. Ah pertemuan yang sebenarnya tidak gue harapkan, tapi apalah daya. Pesen gue ke dia untuk jangan ceritain kekhawatirannya dia, takutnya gue kan nanti kebawa - bawa gituloh.

Nah, sekarang gue udah masuk di ruangan ujian. Ruangannya bersih, bagus dan rapi tapi ada satu kekurangan yang fatal di ruang ujian itu, gak ada jam dindingya. Gue pikir ini ruang ujian macam apa gitulho, masa di ruang itu gak ada jam ? nah gimana dong kalo ada di ruang ujian itu yang kebetulan gak ada jam (itu gue)?. Itulah gue. Sebenarnya gue ada jam digital sih, tapi itu untuk mobil gue copotin tangkainya, nah gue khawatir nanti kalo gue lihat - lihat itu jam dan ketahuan sama pengawas ujiannya gue takut entar gue malah menggunakan alah komunikasi (semacam pager gitu). Untuk itu gue tanya ke pengawasnya "Buk, saya gak ada jam tangan buk. Nanti gimana cara saya buat me-manage waktu saya buk? tanya gue penasaran kan. " Iya nanti ibuk bilangin waktu yang tersisa nanti ya, tenang aja tuh" jawab pengawas gue. Okelah, gue pikir ini akan baik - baik saja. Hust, tapi itu pada awalnya saja. Aha

Oke gue udah dapet kertas LJK dan soal, gue udah dibolehin ngerjain soal. Waktu itu, gue pertama ngerjain soal TPA (Test Potensi Akademik). Loh ini soal TPA nya kok agak beda ya sama soal - soal yang gue pernah dapet ya. Gak apa deh yang penting gue kerjain. Lanjut mang, gue lanjut ke soal Matematika. Wah gue harap nih soal gak bakalan sulit ama gue, dan syukurlah memang gak sulit - sulit banget. Di matematika gue berhasil menjawab benar 8 soal. Mantap ! Lanjut, gue ngejawab soal B. Indonesia. Soalnya tu sulit - sulit gampang, hehe berarti sulit yah. Okeh gue tetep kerjain soal bahasa indonesia. Okeh soal selanjutnya, Bahasa Inggris. Setelah dipikir - pikir kembali gue putuskan untuk kembali ke TPA soalnya TPA gue masih banyak yang kosong. Sudah TPA gue Matematika (sekedar check), kemudian Bahasa Indonesia.

Yes ! Gue ketemu English, 3 text dan jawaban yang masih kosong lompong seperti hati gue (sorry baper guys). Tak lama setelah gue balik - balik text Englishnya gue dikejutkan dengan perkataan pengawas seperti petir di siang bolong. Jeger !!! Eh bukan.

"Waktunya tinggal 5 menit lagi, silakan untuk mengecek kembali data - datanya agar tidak ada kesalahan data yang menggagalkan ujian anda kali ini"

Eh bentar, jadi waktu itu gue masih seperti terbangun dari tidur panjang. Gue kumpulin lagi nyawa gue yang beterbangan kemana - mana. Sesaat seperti tidak percaya apa yang barusan gue dengar, gue pastikan kembali ke pengawasnya.
"Buk maaf, berapa menit lagi buk?" tanya gue seperti gak percaya
"5 menit lagi dek" itulah jawaban sedahsyat petir.



 WHAT !!!??? APA !!!??? MA DZA!!!??? WAS !!!??? WAT !!!??? NANI !!!???

5 menit lagi? Are you out of your mind? kenapa gak sekalian aja lu bilangin kalo waktunya tinggal 10 detik... 9...8...7...6 (mati aja gue). Syukurlah 5 menit, tapi kan gak mungkin men ngerjain soal english SBMPTN dengan sisa waktu 5 menit terakhir ? Gue yakin pertandingan Barca vs Madrid injury time-nya lebih lama dari ini.

Lalu? apa yang gue lakukan ? ya bernapas lah !
Gue langsung kalang kabut, gue gak hiraukan apa yang terjadi kepada gue asalkan ke-15 soal ini bisa gue jawab semaksimal mungkin. Eits bentar, gue gak bisa jawab asal - asalan niih, alias nembak jawaban. Ya iya dong? Udahdeh, Gue lanjutin aja tuh jawab soal englishnya dengan segala kemampuan yang ada. Saat itu gue cuma bisa jawab soal 5 buah yang enggak bisa gue pastiin kebenarannya soalnya kan gue ngerjainnya dengan under pressure.

Syudahlah, gue udah pasrah pada Tuhan Yang Maha Esa. Pertama, gue kesel sama diri gue kenapa gue gak pake jam itu kan walopun nanti ditanyain lo bisa liat ke pengawas kalo itu jam digital doang. Kedua, gue kesel banget ada pengawas ruangan gue kenapa dia enggak kasih pengingat waktu ke gue yang gak punya jam tangan. Ketiga, gue kesel banget sama yang punya ruangan karena di dalam ruangan enggak ada jam dinding. Untung cuma 3 kekesalan gue. Gue kira masih banyak kekesalan gue waktu ujian tuh.

Ya Tuhan, kali ini hamba benar - benar pasrah akan hasil ujian yang nanti akan hamba terima. Apakah hamba lulus atau tidak tapi tolonglah luluskan lah hamba ini Tuhan. Hahah kira - kira seperti itu kata hati gue waktu itu.

Source pict : Google
Categories: ,

2 comments:

  1. gini gini, tetep keterima ILMU POLITIK UI. azek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe Hai Fira. Iya syukurlah bisa lulus juga.
      Akuntansi nih ye

      Delete

Komentar