Tuesday 28 July 2015

[ 9 Juni ] Ujian SBMPTN #2

Oke gue udah keluar dari ruangan ujian. Gue keluar dari ruang ujian dengan perasaan yang campur aduk, ada kesal, marah, tidak puas dan sebagainya. Jujur gue gak suka banget sama pengawasnya, gue benci banget kenapa di ruangan itu enggak ada jam dindingnya, padahal kan itu penting banget. Gue juga kesel sama diri gue sendiri kenapa gak make tuh jam digital mobil. Ah, sudahlah.

Kebetulan gue sama temen gue itu ruang ujiannya deket, jadi abis gue keluar dari ruang ujian gue tungguin bentar buat ngomong seluruh apa yang gue rasain waktu itu. Duh, capek. Rasa takut dan gagal serta rasa takut akan kegagalan mulai menghampiri diri gue, kenapa tidak? Lu kan udah tau kalo gue ngisi soal bahasa inggris dalam injury time : 5 menit. Gue mulai mikirin nanti gimana kalo gue kena aturan nilai mati, atau bahkan bahasa inggris gue nanti yang bakal membuat gue gagal ujian SBMPTN tahun ini. Jujur, gue gak pengen banget gagal dalam ujian tahun ini, bener sih kalo bisa ngulang tahun depat, tapi tentu seluruh peserta ujian gak berharap itu akan terjadi, termasuk gue.

Sudahlah, perasaan gue galau, kacau, berantakan, semuanya. Sekarang gue tau gimana cara ngilangin perasaan kacau ini, makan. Makan bisa menenangkan perasaan semua orang karena perut akan terisi kembali. Oke, gue langsung cabut ke rumah kakek yang rada - rada jauh dari tempat ujian, kira - kira 10 menit dengan sepeda motor. Lalu spontan gue samperin ke ampera disana, disana gue mulai panik kembali. Ternyata antrean di rumah makan itu rame banget, bahkan sulit banget buat cari tempat duduk. Yes, gue dapet tempat duduk tapi perasaan gue masih belum tenang nih. Kacau. Karena saking kacaunya perasaan gue nasinya bisa habis sepiring (biasanya sih lebih dari dua piring), kali ini cuma satu. Waktu itu sudah masuk waktu zuhur, gue pikir - pikir lagi sempat gak ya kalo gue solat disini ? apa enggak terlambat sampe lokasi ujian? nanti takutnya macet di tengah jalan. Yaudah, gue ijin cabut aja, solatnya gue akhirkan sampe gue ketemu masjid yang deket ama lokasi ujian.

Yeah, udah sampe di masjid. Waktu itu solat berjamaah sudah selesai dan gue terpaksa kan solat sendirian. Gak apa - apa. Panas men ! Gak ada AC nya kayak di ruangan ujian tadi,sama gak ada jamnya. Abis solat gue lanjutin lagi ke ruangan ujian, syukurlah gak terlambat. Kira - kira gue datang 10 menit sebelum ujian mulai. Gue berharap lagi, Ya Tuhan jangan buat hamba teledor dengan waktu, ingatkanlah hamba tentang waktu. Jangan gagalkan hamba. Huh, harapan besar yang gue bawa ke ruangan ujian. Kali ini gue gak mau lagi kebablasan. Mau gak mau gue pakai aja tuh jam digital, biarlah jelek asalkan bisa dilihat kalo sekarang jam berapa. Kira - kira jam gue kayak gini nih.


Tapi lebih jelek. Yaudah. Ujian dimulai, udara AC disana dingin yang dingin banget sukses membuat gue dingin basah berkeringat (eh kok bisa). Entah ini karena grogi atau apa gue gak tau kenapa tangan gue tiba - tiba basah. Ternyata gue grogi, semakin grogi, grogi banget. Sebisa mungkin gue sembunyiin jam jelek gue ini dari pandangan pengawas.

Sialnya, gue gak lihat ada aturan waktu di kertas soal itu. Kemudian gue teringat kalo biasanya soal SOSHUM ini waktunya cuma 60 menit atau satu jam. Oke, gue gak bakalan gagal lagi. Oh sial, gue kebelet mau ke wc, duh tadi gue gak ke wc lagi. Kebelet. Yes, di pertengahan waktu ujian gue kebelet mau ke wc, sebisa mungkin gue tahan agar sesuatu yang tak diinginkan tidak terjadi. Dengan cara apapun akan kulakukan, misalnya goyang - goyang kaki kanan, terus kiri, terus goyangin kaki teman disebelah.

Gue lihat - lihat jam, wah waktunya tinggal 15 menit lagi nih, sabar ya, nanti gue ke wc kok, wcnya deket. Yah 15 menit terakhir, soal yang udah gue jawab udah banyak di SOSHUM, gue kembali mengecek jawaban buat memastikan apakah jawaban gue ini benar, atau mungkin 90% benar. Gue gak mau asal - asal nembak jawaban, gue udah trauma waktu dulu try out yang jawabnya tanpa melihat soal (hebat bukan?).

Oh sial. Kenapa pas tadi ujian babak pertama gue malah kebablasan waktu dan sekarang kenapa gue malah berlebih waktu. Sebenarnya hal itu gue juga udah sering ngerasain sih, tapi ini beda, ini SBMPTN. Gue gak mau gagal di ujian kali ini, gue gak mau harus nunggu lagi satu tahun dan persiapan buat ujian SBMPTN lagi tahun depan. Udah ah, abis ujian gue tunggu lagi kawan gue ini, kali ini lebih lama, kira - kira 5 menit.

Eh habis ini kemana nih?

Oke. Habis ujian kami semua ngumpul di Basko Grand Mall Padang.

Categories:

2 comments:

  1. Kayak gitu aja udah nembus UI, aseeeekkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey caul iya alhamdulillah wa syukurillah. Sukses untuk caul

      Delete

Komentar