Sunday 15 February 2015

Tips Berbelanja Online Aman dan Murah


Sebenarnya gue mau baca buku buat persiapan UAS, tapi mau dibuat membaca di malam minggu itu tidak efektif, apalagi di malam lain ya. Jadilah gue buat post kali ini. Pas banget tadi siang gue ngobrolin hal serupa dengan posting gue kali ini.

            Mungkin banyak dari kita yang sudah akrab dengan belanja online. Salah satu kelebihannya adalah sangat mudah mencari barang bagus dan pasarnya luas, tak terbatas lokasi. Alright, tonight gue mau berbagi tentang tips berbelanja online aman dan murah. Tips ini sangat recommended buat pelajar yang dompetnya nggak pernah gemuk tapi lu suka berbelanja. Tulisan ini gue tulis dari pengalaman gue, ya lumayanlah gue cukup sering buat berbelanja online. Langsung aja deh ya dan moga – moga sangat bermanfaat bagi lu yang hobi berbelanja.

1.     1.  Carilah forum jual beli yang terpercaya
Forum jual beli di internet itu bisa disamakan dengan pasar secara rilnya. Pastikanlah ‘pasar’ tempat untuk berbelanja sebelumnya. Forum yang biasa digunakan adalah seperti kaskus fjb, olx, berniaga, lazada, zalora, blibli dan lain – lainnya. Kan lu nggak mungkin berbelanja di pasar yang lu sendiri nggak tau. Inilah langkah awal yang sangat mendasar. Pahami dahulu.

2.      2. Carilah penjual yang terpercaya
Langkah kedua, cari penjual yang terpercaya ? Gimana? Kan nggak bisa tau penjualnya. Buat lu yang bisa mencari tau lokasi seller lebih baik untuk memastikannya dahulu. Buat lu yang nggak bisa memastikan lokasi penjual, lu bisa liat reputasinya di ‘pasar’. Apakah dia penjual yang bagus reputasinya atau penjual yang terkenal sebangai ‘penipu’?. Penjual yang reputasinya baik tentu akan lebih dipercaya. Bisasanya seller akan mendaftarkan ke dalam account sebagai penjual, kenalilah reputasinya.

3.      3. Pastikan foto di ‘lapak’ adalah foto asli
Tujuannya adalah untuk memastikan apakah penjual ini adalah distributor atau Cuma orang yang mau ‘main mainin’ lu. Dengan memasang foto asli, akan meyakinkan pembeli untuk belanja di ‘lapak’nya. Kalau dia masih memakai gambar yang dicomot dari google, bisa saja nanti dia main mainin lu, tapi bukannya gue nyuruh lu buat langsung nggak percaya ama seller. Tapi akan lebih baik jika mengetahui apakah barangnya benar – benar ada atau hanya sebatas gambar google..

4.      4. Periksa testimoni pembeli sebelumnya
Pembeli sebelum lu mungkin banyak, dan bisa jadi mereka memasang testimoni yang baik karena pelayanan penjualnya memang memuaskan dan kualitas barang dan harga yang murah. Jika si penjual banyak mendapat testimoni yang positif, lu bisa mempercayai si penjual sekarang.

5.      5. Kontak si penjual untuk informasi yang lebih banyak dan kenali penjualnya
Si seller bakalan ngasih nomor hp atau pin bb mereka. Jika barang yang dicari sudah ketemu, langsung saja kontak nomor yang tersedia, jangan banyak basa basi dan langsung saja menanyakan hal yang perlu lu ketahui jawabannya. Serta kenali penjualnya juga, jika penjualnya fast respond maka pelayanannya baik dan lu bisa percaya, tapi kalau slow respond biasanya mereka sedang sibuk dan ada kerjaan lain. Kan lebih enak kalaufast respond.
6.      6. Jangan lihat hanya pada satu ‘lapak’
Di ‘pasar-online’ penjual dan lapak serta dagangannya nggak Cuma satu. Mati satu tumbuh seribu. Kalau lu nemuin seller yang jauh atau harga barangnya mahal jangan khawatir karena lu bisa cari lebih banyak seller lain. Seller enggak Cuma satu bro. Carilah seller yang benar – benar lu percaya dari seluruh seller yang adadengan kriteria tadi.

7.      7. Hindari lokasi seller yang jauh dari tempat tinggal
Nah, tujuannya adalah untuk menghemat ongkos kirimnya. Sudah lumayan kalau bisa cash on delivery tapi kalau rumah lu beda pulau gimana ? gak mungkin cod gan. Karena pada umumnya seller tidak memfasilitasi ongkos kirimnya alias pembelilah yang menanggung ongkos kirim. Intinya carilah lokasi selleryang paling dekat dari rumah agan.

8.      8. Setelah melakukan transaksi biasakan meminta resi pengiriman
Resi bagi lu yang belum tau adalah nomor pengiriman barang. Nomor itu menandakan bahwa barang yang dikirim seller ke lu dalam perjalanan. Ceklah nomor resi yang didapat ke situs masing – masing jasa pengiriman paket.

Dengan langkah – langkah diatas tadi, kalau dibaca bener – bener gue yakin belanja online lu bakalan aman. Barang bagus, murah dan berkualitas bakal nyamperin rumah lu. Kalau lu suka sama tulisan ini silakan di share atau ada yang mau nambahin di comment ada di comment box. Biar nanti kalau bagus gue tambahin deh. Oke gan.

0 Komentar Absurd:

Post a Comment

Komentar