Monday 2 March 2015

Cara Memilih Jurusan Terbaik Anda

Cara Memilih Jurusan yang Cocok dengan Anda

Suatu harl ayng lumrah jika Anda merasa sedikit kesulitan untuk mengentukan jurusan apa yang akan dipilih dalam SNMPTN atau SBMPTN. Karena sudah sewajarnya bahwa setiap orang pasti menginginkan kuliah di perguruan tinggi favorit dan jurusan favorit, tetapi impian itu terbentur keterbatasan yang Anda miliki. Tentunya Anda tidak boleh terpaku dan harus memikirkan pilihan kedua jika pada opsi pertama tidak bisa dilanjutkan.
Dalam pemilihan jurusan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Jurusan yang dipilih sebisa mungkin sesuai dengan bakat Anda, namun harus tetap mempertimbangkan kemungkinan untuk diterima di jurusan yang  Anda pilih. Berikut beberapa hal yang bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk memilih jurusan.
1. Sesuaikan dengan kemampuan
Kemampuan dapat dilihat dari minat dan bakat Anda, juga harus mempertimbangkan kemampuan akademik dan kemampuan finansial.
Untuk mengukur kemampuan akademik Anda bisa mengerjakan soal soal simulasi sedari awal secara berkala. Selain mengetahui kemampuan, Anda juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan kemampuan.

2. Kenali jurusan dan PTN
Dari tahun ke tahun, setiap jurusan masing masing PTN akan selalu mengalami operubahan dalam hal kursi yang tersedia dan peminatnya. Akan tetapi perubahan itu didak terlalu besar. Selain itu juga harus dipertimbagkan mengenai lingkungan, biaya hidup dan cara perbagulan jika Anda telah diterima di PTN tersebut.

3. Tempatkan jurusan yang dipilih sesuai dengan pilihannya
dari 2 pilihan jurusan, pada pilihan pertama, tempatkan jurusan yang menjadi prioritas Anda atau jurusan impian. Kemudian di pilihan kedua atau ketika gtempatkan pilihan yang sekiranya aman, tetapi masih mempertimbangkan impian Anda. Dalam artian, demi keinginan pendidikan jangan lalu memilih jurusan yang asal pilih.

4. Berdoa dan mintalah restu daru keluarga dan orang dekat
Petunjuk Yang Maha Kuasa adalah yang utama, maka mintalah dengan sesungguh sungguhnya. Tidak ketinggalan restu orang tua, orang dekat atau orang spesial dalam hidup Anda akan sangat berarti untuk semangat serta perjuangan.

Itulah hal – hal yang bisa saya sampaikan dulu, tentang pemilihan jurusan PTN. Semoga dapat membantu Anda yang sedang kebingungan dalam pemilihan jurusan Perguruan Tinggi Negeri. Semoga sukses di PTN tujuan Anda.



Sumber : Buku Try Out SBMPTN

0 Komentar Absurd:

Post a Comment

Komentar