Thursday 5 March 2015

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Skill Bahasa Inggris

                Bahasa inggris dewasa ini adalah bahasa utama bagi masyarakat dunia. Jika ingin berhubungan antar negara kita haruslah bisa berbahasa inggris dengan baik, lisan maupun tulisan. Bahkan salah satu kriteria untuk mendapatkan pejerjaan adalah bahasa asing, termasuk bahasa inggris. Hal diatas menunjukkan pentingnya bahasa inggris saat ini.
                Namun, ada beberapa orang yang sangat sulit mempelajari bahasa inggris. Ada yang beralasan karena sulit penulisan dan pengucapan serta perbendaharaan kata – kata bahasa inggris. Nah, sebenarnya ada kebiasaan – kebiasaan yang belum kamu sadari kalau kebiasaan itu membantu untuk meningkatkan skill bahasa inggris kamu.

                Langsung aja, inilah beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan skill bahasa inggris kamu.
1.  Game Online
Game online adalah salah satu trend saat ini. Umumnya dimainkan oleh anak – anak hingga orang dewasa sekalipun. Tetapi apakah kamu tahu kalau game online bisa memperbaiki bahasa inggris kamu? Pada saat nge-game kamu bisa mengetahui istilah – istilah baru. Setelah mengetahuinya kamu bisa mencari makna, synonim dan antonymnya di kamus. Catatlah kata – kata yang sudah kamu temui tadi. (sambil menyelam minum air). Tapi jangan jadikan game online jadi alasan belajar bahasa inggris. Karena kata – kata bahasa inggrisnya tentu sangat terbatas.

2. Menonton film western (barat)
Peredaran film kali ini sangat luas. Kamu bisa men¬-download atau beli. Secara tidak kamu ketahui kamu belajar bahasa inggris dari menonton itu. Apalagi kalau kamu sudah memiliki dasar bahasa inggris yang baik. Kamu akan banyak menemui idiom serta ungkapan yang sering digunakan dalam percakapan sehari – hari. Kemudian coba praktikkan dalam percakapan inggris kamu.

3. Main laptop
Aturlah laptop dengan bahasa inggris. Jangan atur dengan bahasa nasional sendiri atau bahkan bahasa daerah (jika ada). Sering – seringlah untuk mengeksplorasi laptop kamu, sehingga kamu mendapatkan kosa kata baru. Usahakan kamu mengenal bahasa inggris dari apa yang kamu lihat dilaptop.  Dan jangan lupa untuk mencatatnya dan melakukan analisis tadi.

4. Berinternet (surfing)
Di internet kamu bisa bercakap (chat) dengan orang lain. Disini kamu bisa meningkatkan writting bahasa inggris kamu. Kalau memang kamu tidak tahu dengan apa yang disuratkannya lihat saja kamus, sebagai latihan. Pada penulisan kamu usahakan gunakan bahasa inggris yang baku. Kalau sudah paham dengan penulisan bahasa inggris maka kamu bisa menggunakan bahasa chatting.

5. Mendengar lagu barat
Buat kamu yang hobi mendengarkan lagu barat, ini adalah salah satu langkah terbaik kamu. Pada saat lagu sedang diputar dengarkan dan simak dengan sebaik – baiknya dan cobalah menangkap apa yang disampaikan kemudian jangan lupa mencatat.

Dari penguraian diatas, kamu tidak akan bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggtis ketika tidak melakukan latihan. Intinya adalah latihan membuatmu sempurna. Perbanyaklah kosa kata bahasa inggris kamu dan satu saat nanti manfaatnya akan kamu rasakan sendiri.

You never get something when you are static. Learn something !.

4 comments:

  1. boleh aku sok sok an kasih kritik ?

    tulisannya bagus, tapi gatau lah yaa, fia lebih suka baca posting-posting sebelumnya yang pola bahasanya ringan tapi pesannya padat. mungkin karna berasa lebih "young". begini rasanya lebih monotoon.
    but still great anyway :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, thanks yaa firaa. Tapi gozi jga sedang belajar. Mungkin ada sesuatu yang harus diubah di tulisan gozi lagi...

      Delete
    2. kita sedang belajar~
      belajar ajak-ajak dong :3
      siip. keep blogging, blogger! :D

      Delete
    3. haha,, blajar aja laah sendiriii... kalau sama sama nggk tau mau apa yang dibicarain

      Delete

Komentar