Monday 9 March 2015

Kiat Menghadapi Ujian Nasional

Ujian nasional adalah agenda tahunan pendidikan di Indonesia. Banyak persepsi serta pandangan yang cenderung tidak benar. Ada pendapat bahwa UN itu menakutkan, ya memang menakutkan jika tidak belajar. Pendapat lain bahwa UN tidak diperlukan, karena sudah banyak kasus – kasus tentang kunci jawaban yang “bocor”.



Sekarang, mari kita kesampingkan dahulu masalah yang ada. Tidak penting kita berpendapat apakah UN secara esensial penting atau tidak atau kita malah mengandalkan kunci jawaban. Harusnya kita sebagai siswa mempersiapkan diri sebaik – baiknya untuk menghadapi ujian nasional. Berikut saya punya kiat – kiat untuk menghadapi ujian nasional.
1. Kuatkan hati dan teguhkan semangat
Ujian nasional tidak lama lagi, seharusnya kita untuk mempersiapkan sebaik – baiknya. Persiapan untuk menghadapi ulangan harian tentu jelas berbeda dengan persiapan ujian nasional. Untuk menghadapi ujian nasional tidak dibenarkan untuk kehilangan semagat. Semangat dan motivasi diri adalah dasar utama untuk belajar lebih giat. Tanpa semangat yang kuat kita tidak akan tergerak untuk belajar.

2. Kenali ‘taktik’ menjawab soal
Kenali cara atau bentuk soal yang telah ada. Lalu gimana? Caranya dengan membahas soal – soal UN beberapa tahun sebelumnya. Saya anjurkan untuk membahas minimal 5 tahun soal sebelumnya. Dengan membahas dapat mengenali lebih jauh jenis pertanyaan yang muncul dari tahun ke tahun. Selanjutnya kita bisa menjawab seluruh soal yang ada, untung nggak?.

3. Buat target belajar
Dengan motivasi kuat, langkah selanjutnya untuk mencapai tujuan ada cara – caranya. Kita targetkan untuk membahas materi kelas 1, 2 atau 3 dalam seminggu. Misalnya mengerjakan 500 soal dalam seminggu, dengan target itu kita harus berusaha mencapainya. Dengan target 500 soal tentunya kita harus menyediakan terlebih dahulu. Target dapat disesuaikan dengan ketersediaan waktu yang dimiliki. Capailah target – target yang telah dibuat walaupun sedikit.

4. Buat kelompok belajar dengan teman
Kelompok belajar sangat bermanfaat untuk pendidikan. Bersama teman sebaya jika menemukan kesulitan dalam menjawab soal, kita dapat meminta bantuan teman untuk menjelaskan. Sehingga kekurangan kita dan teman teman kelompok dapat tertutupi, karena saling menjelaskan. Cobalah buat kelompok belajar dengan teman – temanmu.

5. Berdoa dan minta restu orang tua
Setelah semua kiat – kiat yang kita lakukan selanjutnya adalah berdoa dan meminta kepada Tuhan dan orang – orang terdekat kita agar direstui. Ora et labora. Bekerja dan berdoa. Selain bekerja keras dan belajar jangan lupa berdoa ya. Dibalik kesuksesan seseorang terdapat doa orang – orang terdekatnya yang mengiringi.

Semoga dengan menjalankan 5 langkah diatas, kita sama – sama bisa menghadapi ujian nasional. Tidak hanya bisa menjawab soal tetapi mendapatkan hasil yang terbaik juga. Terima kasih sudah membaca posting saya kali ini dan semoga bermanfaat bagi teman – teman. Ngomong – ngomong saya juga akan ujian nasional tahun 2015 ini. Kita lulus bersama ya.

0 Komentar Absurd:

Post a Comment

Komentar