Thursday 12 March 2015

Ujian Akhir Sekolah : #1 Day (Typo)

Ya, mulai hari kamis hingga kamis depannya hari hari gue bakal ditemenin sama soal - soal ujian akhir sekolah. Ujian hari pertama itu adalah Bahasa Indonesia dan TIK. Gue bersyukur juga karena bukan matematika dan geografi yang disandingkan untuk mata ujian hari pertama. Coba bayangkan kalau hari pertama ujiannya sudah meledak - ledak seperti itu, gue langsung lambaikan tangan aja ke kamera. Tapi untungnya nggak. Syukurlah.

Sebenarnya gue nggak punya siasat siasat untuk menjawab soal bahasa indonesia. Bahasa Indonesia itu kan bahasa ibu kita, bahasa persatuan negara kita, bahasa yang lebih utama dibanding bahasa lain di Indonesia, tapi kadang gue heran kenapa ada juga yang belum memahami kaidah - kaidah bahasa sendiri. Mungkin terlalu banyak menggunakan bahasa gaul ya. Persiapan gue adalah berdoa, belajar, menjawab soal dan menyetrika baju buat hari senin. Sewaktu ujian gue sempat terheran - heran. Ternyata walaupun USEK, typo itu selalu ada, selalu. Biasanya lu nemuin typo (kesalahan pengetikan) di status atau mungkin sosial media, tapi ini di ujian sekolah bro, bayangin. Dan satu yang gue inget, ada soal yang kira - kira ".... darai....", dan gue sebagai ahli typo gue udah ngerti kalau itu artinya "dari", yang nggak masuk akal seharusnya kan 'dari', tapi kenapa ada 'a' ? coba lihat di keyboard lu sekarang huruf 'a' dan 'i' kan jauh banget. Kesan hari pertama ujian sekolah : typo.

Kalau buat TIK ? Mungkin udah deket banget dengan pelajaran yang namanya TIK ya. Jujur gue paling suka TIK karena kalau pelajaran ini membuat gue mejadi lebih kreatif dan mencari ide. Salah satu lapangan gue untuk mengembangkan kreatifitas adalah di labor komputer.

'Jadi bagaimana menurut lo hasil ujian yang mendatang?'
'Kalau hasil ujian gue selalu optimis, optimis dapat nilai bagus atau optimis dapat nilai yang kurang bagus.'

Gue atau bahkan lu yang minggu ini lagi dipadatin sama yang namanya ujian sama sama berdoa aja, semoga hasilnya adalah optimis bagus. Intinya lu dan gue udah berusaha buat belajar, jawab soal sebanyak mungkin dan kalau hasilnya belum memuaskan itu aritnya kita belum belajar maksimal.

Ingat, usaha selalu berbanding lurus dengan hasil. Kalau usaha lu keras maka hasilnya akan bagus dan memuaskan. Nggak akan ada orang yang santai santai dalam hidupnya tetapi nanti kalau ulangan hasilnya selalu sempurna,(pengecualian untuk beberapa orang).

Usaha selalu berbanding lurus dengan hasil. Jika hasilmu belum memuaskan, artinya usahamu belum keras.

0 Komentar Absurd:

Post a Comment

Komentar